Minggu, 24 Oktober 2010

klsifikasi merica hitam (Piper Ningrum)

Merica hitam yang selama ini dikenal sebagai bumbu penyedap makanan ternyata termasuk bahan alami yang berpotensi sebagai afrodisiak.

Hal ini disebabkan kandungan piperine dalam tanaman inilah yang membuat gairah seks meningkat. Mekanismenya bekerja di area sintesa nitrit oxicide (NO) di endothelium (lapisan dalam pembuluh darah). Merica hitam dapat dikonsumsi lewat hidangan masakan sehari-hari. Nitrit oksida itu terutama memengaruhi mekanisme saat ereksi.

Namun, selain memberi khasiat positif, merica juga menimbulkan efek samping. Jika mengonsumsinya secara berlebihan jantung bisa berdebar-debar. Karena itulah, mereka yang merasa perlu tambahan gairah seksual sebaiknya tidak mengonsumsi merica hitam secara berlebihan.

Selain merica, ada satu bahan alam yang ternyata juga bisa digunakan untuk meningkatkan gairah seks. Bahan itu adalah lycorice, tapi lebih dikenal sebagai kayu legi. Sebenarnya, bahan ini sering dikonsumsi sehari-hari, tapi jarang orang mengetahui khasiatnya. Sementara, jenis tanaman ini sejak lama digunakan sebagai afrodisiak di negeri Mesir, China dan India.

Lycorice berkhasiat meningkatkan stamina. Dalam tanaman ini mengandung phytoestrogen (hormon estrogen asal tumbuhan). Hormon tersebut biasanya memperlancar peredaran darah di penis saat ereksi. Umumnya, lycorice dapat dikonsumsi melalui minuman jamu. Tapi perlu diingat bahwa kayu legi tidak sama dengan kayu manis yang biasa digunakan sebagai penyedap makanan.

Seperti bahan alam lainnya, selain khasiat, lycorice juga punya efek samping. Itu pun jika dikonsumsi secara berlebihan akan meningkatkan tekanan darah tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar