Jumat, 29 Oktober 2010

Pulau-pulau di Hawaii mungkin sangat indah, bak surga. Tapi itu belum semua. Pecinta kopi pasti mengetahui bahwa kopi Hawaii terkenal mempunyai prestise yang tinggi, yang diimbangi dengan harganya yang mahal. Kopi Hawaii merupakan satu-satunya kopi yang tumbuh di Amerika Serikat. Meskipun banyak orang mengetahui bahwa Hawaii Kona Coffee, Royal Kona Coffee, atau Hawaii Gold Kona Coffee sebagai yang terbaik atau bahkan sebagai satu-satunya kopi Hawaii yang ditawarkan, banyak orang yang tidak menyadari bahwa pulau-pulau Hawaii mempunyai lebih banyak jenis kopi untuk ditawarkan selain kopi Kona Coffee.

Ketika kita “mengalami” rasa yang berbeda dari kopi-kopi Hawaii, kita akan melihat bahwa biji kopi Hawaii sama bervariasinya dengan keindahan pulau-pulaunya dan para penghuninya.

Sejarah
Tanaman kopi masuk ke Hawaii pada awal tahun 1800-an melalui berbagai cara. Salah satunya adalah pada tahun 1825, kapal Inggris H.M.S. Blonde membawa pohon-pohon kopi dari Brazil. Pohon-pohon ini ditanam di Oahu, lalu disebar ke pulau-pulau yang lain. Perkebunan kopi yang pertama sebenarnya berada di Pantai Utara Kauai.

Meskipun perkebunan kopi tumbuh subur pada abad ke-19 di Hawaii, memasuki abad ke-20 masa depan kopi Hawaii tidaklah pasti. Harga gula melambung di pulau itu pada tahun 1900. Dan dengan cepat perkebunan kopi digantikan dengan ladang-ladang tebu. Tetapi pada tahun 1960 dan 1970an, kopi ini sekali lagi diketemukan kelezatannya, dan orang-orang mau membayar lebih untuk kopi-kopi spesial. Sebagai hasilnya, perkebunan kopi Hawaii memulai pembaharuan mereka. Setelah 100 tahun, kopi Hawaii sudah dalam fase yang sangat baik. Sekarang sudah dihasilkan sekitar 7 juta pound green coffee di hawaii, tiap-tiap tahun. Kopi dari Hawaii masih merupakan salah satu jenis kopi yang paling mahal, volume yang dikonsumsi dunia relatif tinggi, serta mirip dengan kopi Jamaica Mountain Blue (JMB).

Geografi Kopi Hawaii
Ada 8 buah pulau di kepulauan Hawaii, Hawaii (pulau terbesar), Kahoolawe, Lanai, Maui, Molokai, Oahu, Kauai, dan Niihau. Dari semua ini, sebenarnya kopi (yang kesemuanya arabika) hanya ditanam di 5 dari 8 pulau. Berikut adalah peta beserta uraian tentang kopi dari masing-masing pulau:
Maui
Area Perkebunan: Kaanapali, Haleakala, Hana
Varietas: Mokka, Yellow Caturra, Red Catuai and Typica
Harga untuk kopi roasting: $14-$24/lb
Harga untuk green coffee: $13-$23/lb

* Mokka mempunyai ciri karakter rasa kacang dan cokelat, dengan kadar keasaman dan kekentalan medium.
* The Yellow Caturra memiliki ciri karakter rasa rempah, kayu manis, lada hitam, dan berbagai jenis rempah lain.
* Kopi ini juga memiliki kadar keasaman yang rendah dan kental.
* The Red Catuai memiliki ciri karakter rasa rempah, kadar keasaman medium, kental, dan finishing rasa seperti wine.
* Typica lebih mirip Kona Coffee, dengan kadar keasaman medium sampai tinggi dan finishing rasa yang panjang.


Kauai
Area Perkebunan: Kalaheo
Varietas: Yellow Catuai, Red Catuai, Typica, Mundo Novo, San Ramon, Ikatu
Harga untuk kopi roasting: $12-$21/lb
Harga untuk green coffee: $6-$8/lb

* Ada beberapa perkebunan kecil, tetapi perkebunan utama kopi Kauai disebut Kauai Coffee Company.
* Yellow Catuai dan Typica rasanya manis, mirip kacang, kadar keasaman rendah, kental, dengan finishing rasa medium.
* Mundo Novo, San Ramon, dan Ikatu jarang diproduksi.


Molokai
Area Perkebunan: Kualapuu
Varietas: Red Catuai
Harga untuk kopi roasting: $24-$28
Harga untuk green coffee: Tidak diketahui

* Melokai Coffee Company di Kualapuu, dan The Coffees of Hawaii adalah namanya disini. Ada sistem kerjasama antar petani yang lebih kecil, memproduksi kopi organik pada tahun 2008.
* Molokai Coffee sulit ditemukan.
* Baik proses basah di daerah Malulani dan proses kering di Molokai Muleskinner, semua memiliki ciri karakter aroma bunga, berry dan karamel, kadar keasaman lembut, kekentalan yang baik, dan memiliki after taste rasa cokelat. Ciri rasa herbal yang mengesankan juga dapat ditemukan.


Oahu
Area Perkebunan: Pantai Utara Wahiawa and Waialua
Spesies: Typica
Harga untuk kopi roasting: $17-$21
Harga untuk green coffee: $12-$14 (sulit diketahui)

* Dole adalah namanya di sini.
* Kopi Oahu sulit ditemukan.
* Biasanya dibawah label Waialua Coffee, dengan kadar keasaman rendah, kekentalan medium, dan memiliki finising kering dan rasa buah.


Hawaii (Pulau Terbesar)
Area Perkebunan: Kona, Kau, Puna, Hamakua
Spesies: Typica, Caturra, Moka
Harga untuk kopi roasting: $15-$40
Harga untuk green coffee: $10-$25

* Kona Coffee adalah kopi yang sudah sangat terkenal di dunia.



Setidaknya sekarang kita mempunyai suatu gambaran lebih baik mengenai tipe rasa yang bisa didapat dari kopi Hawaii, dan mengapresiasi bagaimana beruntungnya kita masih dapat menjumpai kopi-kopi yang diproduksi di Hawaii, mengetahui bahwa kopi ini hampir saja punah.
Dan jika hendak membeli kopi fair trade, atau kopi organik, kopi Hawaii merupakan pilihan yang baik. Meskipun tidak semua bersertifikasi organik, banyak yang sedang mengusahakannya; pada dasarnya kopi-kopi Hawaii adalah kopi organik. Dan kita mesti mengetahui bahwa petani-petani di sana secara umum dibayar dengan baik, maka sertifikasi fair trade tidak terlalu banyak mendapat perhatian pada saat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar