Minggu, 24 Oktober 2010

MENGENAL KHASIAT TANAMAN OBAT

Mengenal Manfaat, Jenis dan Khasiat tanaman obat keluarga
Posted June 23, 2010 by mputrakusuma. Filed under Info sehat.

Mengenal Manfaat, Jenis dan Khasiat tanaman obat keluarga

Tanaman obat keluarga pada dasarnya adalah tanaman yang ditanam di halaman rumah, kebun ataupun sebidang tanah yang dimanfaatkan sebagai budidaya tanaman yang berkhasiat sebagai obat dalam rangka memenuhi kebutuhan keluarga akan obat-obatan. Tanaman obat keluarga juga berfungsi sebagai pemanfaatan lingkungan di sekitar rumah dan kebun. Di era sekarang semakin banyak keluarga yang sadar betul apa manfaat dari tanaman obat itu sendiri.

Kalau kita kaji lebih dalam sungguh banyak sekali khasiat dari tanaman obat keluarga tersebut. Banyak pula jenis nya. Sebagai contoh kumis kucing, sambiloto, lidah kucing dan lidah buaya. Tentunya tanaman obat ini sudah banyak di ketahui khasiatnya. Mulai dari kumis kucing yang berkhasiat sebagai obat pada penyakit pada saluran kencing seperti infeksi ginjal, infeksi kandung kemih, kencing batu dan encok atau kita bisa juga menanam tanaman pengusir nyamuk ( lihat disini )

Mengenai manfaat dari tanaman obat keluarga sangat beragam tergantung subjektifitas kita memandang. Menurut saya beberapa manfaat tanaman obat keluarga antara lain :

1. Sebagai pelengkap obat-obatan keluarga yang bersifat tradisional
2. Bernilai tambah estetika bila di tata dengan apik dan rapi
3. Memberi Contoh Cara Pemanfaatan Lingkungan Pekarangan
4. Menambah Nilai Keasrian dan Kesejukan Halaman pekarangan rumah
5. Tentunya dapat kelola dengan baik dan dapat menghasilkan pendapatan tambahan.

Beberapa rreferensi yang saya baca ada beberapa jenis –jenis tanaman obat keluarga seperti :

1. Jenis tanaman obat keluarga yang dimanfaatkan daunya. Contohnya, Seledri, manfaatnya untuk menyembuhkan tekanan darah tinggi.
2. Jenis tanaman obat keluarga yang dimanfaatkan batangnya. Kayu manis dimanfaatkan untuk mengobati penyakit batuk, sesak napas, nyeri lambung, perut kembung, diare, rematik, dan menghangatkan lambung.
3. Jenis tanaman oabat keluarga yang dimanfaatkan akarnya.
4. Jenis tanaman obat keluarga yang dimanfaatkan umbinya.

Saran saya, tanamlah apa saja tanaman yang berhasiat obat di sekitar kita dan pelajari manfaatnya, semoga banyak manfaatnya. Sebegitu banyak manfaat dan jenis serta khasiat tanaman obat keluarga. Apakah kita akan melupakannya seiring modernisasi ?

Bila anda ingin membeli obat-obatan herbal saya sarankan dapat membeli disini, toko online obat herbal terpercaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar